Friday, March 7, 2014

Manfaat Membuat Akun di LinkedIn

LinkedIn adalah salah satu situs jaringan kerja profesional yang banyak digunakan para karyawan dengan berbagai tujuan, salah satunya adalah untuk memperluas pertemanan dengan para profesional lainnya. LinkedIn juga sangat membantu bagian recruitment untuk menemukan kandidat yang tepat untuk posisi yang sedang lowong di perusahaan mereka, meskipun nantinya para kandidat ini tetaplah harus mengikuti proses seleksi recruitment yang berlaku. Apa itu LinkedIn? Baca disini.

Bagi seorang profesional yang sedang tidak mencari pekerjaan, membuat akun profesional di LinkedIn jugalah sangat penting. Kenapa penting? Yuk kita bahas satu persatu alasannya :

1. LinkedIn membantu seorang profesional untuk memperluas jaringan kerja yang dapat memberikan manfaat secara personal maupun profesional.

Dengan adanya sebuah akun di LinkedIn, seseorang dapat menambah jaringan profesionalnya dengan profesional lain yang mempunyai bidang kerja yang sama ataupun bidang kerja yang berbeda, yang mungkin pada suatu saat nanti akan berguna.
Menambah jaringan di LinkedIn secara berkala juga penting, karena jika Anda tiba – tiba berusaha untuk menambahkan permintaan teman ke dalam jaringan Anda dalam jumlah yang banyak dan mendadak, maka akan ada kemungkinan LinkedIn mencurigai aktivitas ini, dan kemungkinan terburuknya adalah pemblokiran akun oleh LinkedIn. Saat akun kita di blokir, kita dapat meminta LinkedIn untuk kembali mengaktifkan akun kita dengan memberikan penjelasan terlebih dahulu dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dapat aktif kembali. Hal ini tentunya akan cukup merepotkan bukan?
Dengan membuat akun di LinkedIn, akan membuka kemungkinan bagi Anda untuk menemukan teman yang Anda kenal, baik teman kerja maupun teman pada saat di sekolah. Hal ini tentu saja penting, karena suatu saat Anda bisa saja memerlukan bantuan dari teman Anda tersebut.

2. Akun di LinkedIn membuat Anda lebih mudah untuk mendapatkan kesempatan kerja yang lebih baik.

Seorang recruiter di sebuah perusahaan, ataupun seorang Head Hunter akan menggunakan LinkedIn sebagai salah satu cara mendapatkan kandidat yang tepat untuk mengisi sebuah lowongan pekerjaan.
Jika Anda ingin agar recruiter ataupun Head hunter dapat dengan mudah menemukan profile Anda, buatlah akun yang memuat keterangan tentang posisi/jabatan Anda, job description, achievement serta training apa saja yang pernah Anda ikuti. Semakin jelas dan menarik akun Anda, akan lebih membuka kesempatan bagi Anda untuk mendapatkan karir yang lebih baik.

3. Keanggotaan di group industri tertentu memberikan banyak manfaat dan juga memperluas jaringan.

Dengan mempunyai akun di LinkedIn, Anda dapat bergabung ke dalam berbagai macam group, yang antara lain terdiri dari grup berdasarkan fungsi pekerjaan tertentu, grup suatu perusahaan, grup alumni suatu universitas, dan juga grup yang membuat bahasan dengan tema tertentu. Anda juga dapat membuat suatu grup tertentu dan dapat juga mengundang profesional lainnya untuk bergabung bersama grup buatan Anda.
Ada banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan menjadi anggota dari suatu grup tertentu, antara lain Anda dapat mengikuti dan terlibat dalam berbagai diskusi menarik, memperoleh berita ataupun informasi terbaru seputar pekerjaan dan bisnis Anda, mendapatkan ide – ide baru tentang pekerjaan Anda, memperluas jaringan dan bahkan membuat bisnis baru yang berawal dari kolaborasi dengan jaringan Anda di LinkedIn.

4. Update akun Anda secara berkala, agar Anda tidak melewatkan kesempatan yang ada.

Apabila Anda mengalami perubahan dalam perjalanan karir Anda, baik itu perubahan jabatan, job description, pindahnya Anda ke perusahaan yang baru ataupun perubahan tempat tinggal, sebaiknya semua perubahan ini Anda update ke akun Anda. Hal ini penting, agar Anda tidak kehilangan berbagai kesempatan, seperti ditemukannya profile Anda oleh para recruiter, sehingga Anda bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik, ataupun kesempatan untuk memperluas jaringan dengan orang-orang yang tepat bagi perkembangan karir Anda nantinya.

5. Berbagai berita atau artikel yang ada di LinkedIn dapat memperluas pengetahuan Anda.

Jika Anda mempunyai akun di LinkedIn, Anda akan mendapatkan berbagai ringkasan berita/artikel harian dari LinkedIn Today yang sesuai dengan kebutuhan pekerjaan Anda. Setiap berita/artikel yang masuk ke email Anda akan memberikan banyak pengetahuan seperti trend perusahaan yang ada, perkembangan teknologi penunjang bisnis Anda, tips dan trik seputar dunia kerja dan bahkan pengaruh ekonomi global terhadap perkembangan perusahaan.

Nah, cukup banyak bukan manfaat yang dirasakan dengan membuat akun di LinkedIn, jadi, tunggu apa lagi? Yuk, mari kita buat dan percantiklah akun LinkedIn Anda sekarang juga.

Sumber: http://www.glc.co.id/ 

1 comments:

Post a Comment