Jumat, 24 Maret 2017

7 Hal yang Harus Kamu Tahu Sebelum Lulus Kuliah

Masa-masa kuliah memang menyenangkan. Kehidupan serasa lebih mudah ketika masa kuliah dibandingkan masa kerja seperti saat ini. Biaya hidup masih murah dan tidak ada tanggung jawab berarti yang harus diemban. Seandainya kamu bisa memutar balik waktu ke masa kuliah, akankah kamu berharap mengetahui ketujuh hal berikut?

Setiap Hari Adalah Wawancara

Kehidupan kampus sesungguhnya dapat membawa berbagai manfaat yang tidak kamu sadari. Setiap harinya kamu berkesempatan untuk bertemu dan berinteraksi dari berbagai macam industri, sehingga kesempatan networking pun akan semakin luas. Mahasiswa biasanya tidak melihat kesempatan ini dan menganggap hal tersebut merupakan hal sepele sehingga melupakannya. Padahal, ketika networking bisa saja kan kamu menemui calon tempat kerjamu nanti.


Kamu Belum Tentu Bekerja di Perusahaan Idaman

Kadang, beberapa mahasiswa mempunyai mimpi ketika lulus nanti mereka langsung bekerja sesuai dengan passion atau di perusahaan incarannya. Padahal kenyataannya, hanya mereka yang beruntung dan bekerja keras yang dapat mewujudkan mimpinya tersebut. Umumnya, seseorang harus berusaha dari bawah untuk mencapai kesuksesan idaman mereka.

Pengalaman Kerja itu Penting

Memang sebagai seorang lulusan baru, pengalaman kerjamu memang masih sedikit sekali atau bahkan tidak ada. Namun, pengalaman kerja merupakan salah satu aspek penting yang sangat menarik perhatian perekrut. Gunakan waktu libur kuliahmu untuk mengambil kerja part time atau magang. Dengan begitu, kamu mempunyai pengalaman kerja untuk dijelaskan dalam resume.

Wisuda Hanyalah Perayaan Sesaat

Waktu wisuda memang merupakan waktu yang ditunggu-tunggu oleh sebagian besar mahasiswa. Namun, waktu wisuda yang singkat tersebut hanyalah sebuah perayaan sesaat saja. Setelah wisuda masih ada pekerjaan impian yang siap menunggu untuk kamu perjuangkan.

Wawancara Kerja Tidak Semenyeramkan Seperti Bayanganmu

Mungkin ketika masih menjadi mahasiswa kamu berpikiran bahwa wawancara kerja itu menegangkan dan menyeramkan. Kenyataannya, wawancara kerjamu nanti bisa menyenangkan lho. Jika kamu merasa bahwa posisi yang kamu lamar sudah sesuai dengan passion-mu, wawancara kerja bisa berubah menjadi menyenangkan lho. Sebelum wawancara kerja jangan lupa untuk menyiapkan informasi selengkap-lengkapnya mengenai perusahaan dan posisi yang kamu lamar. Masih bingung bagaimana berpakaian untuk wawancara kerja? Baca artikel kami ini.

Dapat Pekerjaan dari Sosial Media

Gunakan sosial mediamu dengan baik. Posting yang sekiranya dapat memberimu citra positif. Ingat lho jobsDBers, selama masa pencarian kerja, jaga image itu penting! Karena bisa saja perekrut mencari tahu tentang kandidat melalui sosial medianya atau bahkan mencari tahu di Google.

Hargai Setiap Waktumu

Waktu yang telah lewat tidak akan bisa diputar kembali. Jadi manfaatkan waktumu saat kuliah sebaik mungkin. Setelah lulus, kamu akan menyadari betapa banyak waktu yang telah kamu buang dengan percuma.

0 komentar:

Posting Komentar